Manuel Neuer Jadi Olahragawan Terbaik Dunia & Eropa 2014

Manuel Neuer Jadi Olahragawan Terbaik Dunia & Eropa 2014
Topbola.net - Penjaga gawang timnas Jerman dan juga Bayern Munich, Manuel Neuer berhasil meraih suara terbanyak lewat polling oleh asosiasi jurnalis olahraga Eropa dan juga Dunia.

Kendati dirinya semapt kalah dalam persaingan FIFA Ballon d'Or, Neuer setidaknya wajib berbangga diri setelah terpilih sebagai Olahragawan Terbaik Eropa 2014, juga Olahragawan Terbaik Dunia 2014, yang diberikan oleh Asosiasi Jurnalis Olahraga Eropa (UEPS) dan Asosiasi Jurnalis Olahraga Internasional (AIPS).

Penobatan Neuer dilakuakn melalui sebuah poling yang dilakuakn oleh dua asosiasi tertinggi olahraga dari Eropa dan Dunia tersebut.

Petenis Roger Federer meraih posisi runner-up untuk kedua kategori, sementara Novak Djokovic (juga petenis) berada di peringkat ketiga untuk level Eropa, dan urutan ketiga polling internasional direbut Cristiano Ronaldo. Seperti diketahui, nama terakhir adalah sang bintang Real Madrid yang merebut Ballon d'Or 2014.

Eks kapten Schalke 04 yang turut mengantarkan Jerman menjuarai Piala Dunia Barasil 2014 lalu itu menjadi pesepakbola ketiga yang merebut gelar Olahragawan Terbaik Eropa Tahun Ini setelah Michel Platini (1984) dan Lothar Matthaus (1990).

"Tidak sering terjadi kedua organisasi memilih atlet yang sama," ujar Hans-Joachim Zwingmann dari Asosiasi Jurnalis Olahraga Jerman, yang sekaligus menjabat sekretaris AIPS.

"Ini adalah buah dari performa hebat, kejujuran, pengaruhnya di lapangan, dan perilakunya terhadap media," timpal presiden UEPS, Yannis Daras.

Neuer sendiri berterima kasih kepada rekan-rekannya di Bayern dan timnas untuk keberhasilan meraih dua penghargaan ini.

"Saya tak bisa melakukannya tanpa mereka," tegasnya.