Bert van Marwijk Resmi Tangani Timnas Arab Saudi



Topbola.net - Arab Saudi akhirnya resmi memilih pelatih kawakan asal Belanda, Bert van Marwijk sebagai nahkoda timnas mereka. Mantan pelatih Hamburg SV itu kini telah menandatangani kontrak selama 1 tahun guna dapat mengantarkan Arab lolos ke Piala Dunia 2018.

Sebelumnya Arab Saudi sempat menunjuk Alejandro Sabella sebagai pelatih yang menjadi suksesro dari pelatih sebelumnya, Faisal Al Baden namun upaya tersebut hanya berakhir dengan penolakan.

Penolakan dari Sabella inilah yang menjadikan Arab akhirnya memilih inisiatif untuk menunjukan Van Marwijk sebagai pelatih baru mereka saat ini.

Usai resmi menjadi pelatih Arab, Van Marwijk pun mengatakan jika dirinya siap untuk mengantarkan timnya lolos ke Piala Dunia Rusia tiga tahun mendatang. Jika pencapaian itu benar-benar berhasil, maka itu mengakhiri absennya Arab Saudi selama 12 tahun dari turnamen ini.

”Saya telah menolak beberapa tawaran dalam beberapa tahun terakhir. Kenapa saya kali ini menerima? Perbedaan besar kali ini saya dapatkan. Saya diberi kebebasan untuk mengatur staf sendiri,” kata Van Marwijk.

”Ini adalah tantangan besar dan saya harap bisa membantu tim dengan pengalaman saya menuju Rusia. Arab Saudi adalah kekuatan utama di Asia, yang sayangnya belum memenuhi syarat dan terlalu lama absen dari sebuah turnamen besar. Kami sekarang berusaha untuk mengubah itu.”

Van Marwijk telah memilih untuk merekrut Adrie Koster, Mark van Bommel, dan Roel Coumans sebagai staf pelatihnya. Van Bommel yang eks pemain Barcelona, Bayern Muenchen, dan AC Milan adalah mantan kapten Belanda yang juga menantu Van Marwijk.

Van Marwijk juga jadi pelatih asal Belanda kelima yang telah melatih timnas Arab Saudi. Ia mengikuti jejak Leo Beenhakker, Gerard van der Lem, Martin Koopman, dan Frank Rijkaard. Manajemen baru timnas Arab Saudi akan melakukan perjalanan ke Jeddah akhir pekan depan.