ASA DILAGA FILIPINA VS INDONESIA

ASA DILAGA FILIPINA VS INDONESIA

Target satu poin yang dibidik saat bertemu Vietnam telah digapai. Namun bukan berarti Timnas Indonesia boleh bersantai-santai. Jikalau ingin terus berpeluang melaju ke babak selanjutnya diajang Piala AFF 2014 ini tetap terjaga, raihan tiga poin harus digapai saat menghadapi Filipina di laga kedua, Selasa (25/11).

Akan tetapi untuk mendapatkannya dari Filipina bukanlah perkara yang gampang. Pemuncak klasemen sementara itu sukses menghajar Laos 4-1 di laga perdana mereka.

"Filipina merupakan tim yang bagus pada turnamen ini. Mereka juga bermain bagus ketika bertanding menjamu Laos," terang pelatih Timnas, Alfred Riedl, terkait sang colon lawan.

Dilain sisi Arsitek tim Filipina, Thomas Dooley, justru merendah. "Kami siap menghadapi salah satu tim terbaik di turnamen ini. Indonesia merupakan tim bagus. Saat ini kami dalam posisi underdog," timpal Arsitek kelahiran Jerman yang berkebangsaan Amerika Serikat ini.

Ada benarnya juga Dooley mengakui jika timnya di bawah Indonesia. Sebab dilihat dari catatan sejarah, The Azkals selalu kalah ketika bertemu skuat Garuda Merah Putih. Filipina selalu jadi target empuk Indonesia di dalam mengincar tiga angka.

Untuk kali ini, bisa saja tetap demikian. Tetapi dengan catatan, Riedl harus membenahi dahulu pekerjaan rumah besarnya dari dua laga terakhir yang tak memperoleh kemenangan. Yaitu, dilini tengah yang belum mampu menyediakan pasokan umpan untuk Boaz Solossa serta Serginho van Dijk.

Andai Riedl benar-benar memasukkan Firman Utina atau Evan Dimaz untuk mengganti satu dari Manahati Lestusen dan Raphael Maitimo, tiga angka bisa saja diperolehnya.